TUGAS PKL

Nama   : Mela Maulani
NPM   : 170510150001
Tugas   : Praktikum Kerja Lapangan
Menjadi Guru SMA yang Menangani Geng Motor
Geng motor adalah kumpulan dari individu yang mempunyai senjata utama yaitu motor, yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menampilkan ke muka umum bahwa geng motor tersebut mempunyai ciri khas tertentu dan ingin terkenal di masyarakat. Prilaku yang khas ditunjukan oleh setiap geng motor melalui ugal-ugalan di jalan sampai suara motor mereka divariasikan  mengganggu ketenangan warga. Kebanyakan akibat yang ditimbulkan dari geng motor adalah negatif.
Sebagai guru SMA yang menangani masalah geng motor, karena sebagian besar anggota geng motor tersebut adalah pelajar, saya memiliki dua perspektif terhadap masalah ini. Pertama, geng motor bisa bersifat positif jika anggotanya dapat di arahkan ke hal positif. Misalnya, membantu petugas lalu lintas di perempatan yang suka macet, dan mengajak teman-temannya yang berjalan kaki ke sekolah. Itu sebagian hal positif dari geng motor tersebut. Pandangan saya yang ke dua ialah, geng motor pada jaman sekarang selalu berdampak negatif. Misalnya menimbulkan kebisingan karena suara motor yang mengganggu ketenangan masyarakat, ugal-ugalan di jalanan yang mengganggu lalu lintas kendaraan lain, dan terjadi kerusuhan jika ada dua komunitas geng motor mengalami konflik. Itu adalah sebagian kecil akibat negatif yang ditimbulkan oleh geng motor.
Cara atau solusi yang tepat untuk menangani masalah ini adalah, saya sebagai guru SMA wajib mengingatkan anak didik saya untuk tidak masuk dalam komunitas geng motor. Selain mengingatkan, juga mengawasi mereka supaya tidak diam-diam mengikuti komunitas geng motor tersebut. Karena, jika ditinjau dari segi negatifnya, geng motor akhir-akhir ini selalu menimbulkan keresahan di mana-mana.
Kegiatan yang baik untuk menjauhkan pelajar dari geng motor adalah, diadakannya belajar tambahan sepulang sekolah, selalu mengadakan kegiatan positif untuk para remaja yang masa imajinatifnya sedang berkembang, mengarahkan mereka bahwa geng motor itu berbahaya dan banyak menimbulkan aspek negatif. Itu adalah sebagian cara yang dapat dilakukan oleh saya sebagai guru SMA menangani maraknya geng motor. 

Komentar

Postingan Populer