Organisasi "Nahkoda Berlayar di Lautan"


Organisasi merupakan sebuah wadah yang menampung aspirasi dan inspirasi dari orang-orang yang ada di dalamnya. Mereka akan berkontribusi dalam organisasi tersebut. Di dalamnya terdapat pembagian-pembagian yang mana mempunyai tugasnya masing-masing dan seorang pemimpin yang memimpin oragnisasi tersebut beserta isinya untuk menaapai tujuan bersama dengan ideologi yang sam pula.

Misalnya di analogikan kepada kapal besar yang sedang berlayar. Organisasi berbentuk seperti kapal besar yang sedang berlayar di lautan bebas dengan seorang nahkoda yang membawanya. Haluan kanan dan kiri ada yang mengaturnya, geladak kapal. Skotai-skotai keail untuk persiapan berlayar keail, layar-layar besar dengan orang-orang yang siap mengibarkannya, para petunjuk arah yang memperhatikan alam di lautan bebas, para keamanan yang siap menjaga hal apapun yang akan terjadi suatu saat nanti. Di sinilah maksud pembagian dalam organisasi, mereka berbeda-beda penugasan namun tetap satu tujuan, yaitu berlayar ke pulau tujuan pelayaran. Dipimpin oleh seorang nahkoda akan membuat kapal tersebut berirama dan sedikit demi sedikit menaapai tujuannya. Dalam menyapu ombak dan badai di lautan, mereka akan selalu bekerja sama menghalau semua rintangannya. Seperti sapu lidi yang menyapu daun daun kering, jika hanya satu lidi yang digunakan maka tidak akan berhasil dalam tugasnya, tetapi jika setiap satu lidi disatukan menjadi satu, maka teraapailah tujuannya. Jika selalu bersama-sama akan teraapai semua tujuan yang ditargetkan dan akhirnya pulau tujuanpun bisa di singgahi dengan usaha yang sebanding akan keindahan pulaunya.

Begitupun dengan sebuah organisasi, jika di dalamnya selalu bersama-sama, kompak, saling mengerti satu sama lain, tidak mustahil tujuan mereka yang tinggi sekalipun akan teraapai.  Indahnya memang di akhir, tapi semua itu akan terbayar selepas perjuangan yang dilakukan bersama-sama membuahkan hasil yang memuaskan. Berusaha dan berdo’a, berjuang demi menebar kebaikan, hidup dengan target yang baik dan benar akan menjadikan hidup lebihindah dengan luka-likunya yang menantang jiwa. Semangatt untuk semuanya, semangat untuk kita, semangat untuk aku (ego)..


Selamat sore..

Komentar

Postingan Populer