Tugas Pa Rimbo "Paralanguage"

Nama Lengkap
NPM
Tugas Pengantar Antropologi
Mela Maulani
Nadya Safriana La Onda
Gadis Shintya
170510150001
170510150003
170510150004
Dosen : Rimbo Gunawan, M.A
Meneliti Bahasa Tubuh (Komunikasi Nonverbal) Kelompok Sosial Asrama Padjadjaran 1

Penelitian kali ini kami akan membahas bahasa tubuh dari relasi antara ibu asrama dan mahasiswa-mahasiswa penghuni asrama.
Bahasa tubuh yang dapat dilihat dari kedua kategori itu adalah pada saat relasi dan interaksi sosial yang terjadi pada kedua belah pihak. Contohnya, dalam interaksi disaat transaksi jual beli makanan berlangsung, dimana ibu asrama sering menampakkan ekspresi bahasa tubuh nya lewat wajah dan gerak badannya ketika ada mahasiswa yang beli hanya sedikit tetapi memakai uang yang diberikan terlalu besar. Maka, ekspresi yang ditampakkan oleh ibu asrama yaitu wajahnya sedikit mengerenyitkan dahi dan seperti kesal dengan tatapan mata yang sinis.
Tingkah laku lain yang ditunjukan jika mahasiswa membeli makanan di luar dan tidak membeli makanan kepada ibu asrama adalah sikapnya berubah seperti tidak menyapa dan apabila disapa dengan senyuman, ibu asrama malah berpaling muka.
Dalam berkomunikasi dengan mahasiswa asrama yang kami amati ibu asrama memiliki jarak-jarak tersendiri antara lain :
1.    Jika pembicaraan menyangkut hal yang penting misalnya masalah mahasiswa yang memiliki utang ke ibu, itu pembicaraannya seperti tersembunyi dan bersifat rahasia.
2.    Jika pembicaraannya bersifat bercanda saja, maka ekspresinyapun mengikuti konteks pembiacaraan yang sedang dibahas.

3.    Jika sedang terjadi masalah antara ibu asrama dan mahasiswa, maka komunikasi yang berjalan adalah mereka tidak saling menyapa dan hanya sapaan dalam ekspresi tubuh saja. Misalnya senyum yang dipaksakan dan kelihatan sekali bahwa itu sedang dalam kondisi tidak baik.

Komentar

Postingan Populer