Resume Film Out Of Eden

Mela Maulani
170510150001
Dosen : Rimbo Gunawan, MA.
Nadya Safriana La Onda
170510150003
Tugas  : Meresume film Out Of Eden
Gadis Shintya
170510150004
dan membuat catatan tentang film tersebut.

Film Out of Eden ini bercerita tentang sebuah pengalaman penelitian dokumenter dari berbagai ilmuan mengenai daerah Papua Nugini, Timur Tengah, Amerika dan Eropa. Di dalam film ini dikisahkan berbagai cara bertahan hidup manusia dari jaman prasejarah sampai jaman sekarang. Perbedaan evolusi di 4 daerah tersebut menjadi sorotan utama dalam film ini. Perbedaan tersebut di antaranya mengenai cara manusia hidup pada jaman prasejarah sampai sekarang, cara beradaptasi, cara berccocok tanam, cara mengembangkan ilmu pengetahuan sampai terdapat ilmu pengetahuan yang sangat maju, cara mendomestikasikan hewan ternak dan tanaman, cara membuat tempat tinggal dan cara menyimpan bahan makanan untuk kedepannya, setiap daerah yang ditampilkan sangat berbeda. Jadi para orang Papua Nugini lebih menghabiskan waktunya untuk mencari ataupun membuat makanan dibandingkan dengan mengembangkan ilmu pengetahuannya.
Jika dikaitkan dengan pandangan ekonomi antropologi, yang pertama pada daerah Papua Nugini yang didokumenterkan oleh ilmuan bernama Jered Diamond, sistem ekonomi mulai dari produksi masih sangat sederhana dan manual. Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat Papua Nugini masih relatif sempit. Mereka belum bisa menggunakan teknologi yang canggih di jaman sekarang dan bercocok tanampun sistemnya masih seperti jaman dahulu. Mereka memproduksi barang, jasa atau makanan masih hanya untuk dirinya sendiri ataupun kelompok masyarakatnya. Orang-orang pedalaman masih menggantungkan hidupnya kepada alam dan mereka kekurangan protein hewani karena persebaran kambing dan sapi dari Timur Tengah tidak sampai ke Papua Nugini. Sisitem distribusipun hanya tersebar di kelompok-kelompok kecilnya saja, tidak memungkinkan keluar daerah karena sistem infrastruktur tidak memadai, dan mereka belum tau banyak tentang pendistribusian. Untuk konsumsipun mereka langsung mengkonsumsi hasil produksi mereka dan menyimpannya untuk beberapa saat karena hasil pertaniannya seperti ubi tidak bisa bertahan lama.
Lain halnya dengan di Timur tengah, sistem perekonomiannya sudah maju dan pada jaman prasejarahpun tingkat evolusi pengetahuannya sangat berkembang cepat. Ini dapat dibuktikan bahwa di Mesir manusia sudah bisa membuat piramida dan di Papua Nugini masih hidup berpindah-pindah dan belum bisa menciptakan hal yang hebat. Kegiatan produksi di Timur Tengah semakin berkembang dari jaman ke jaman. Mereka menanam gandum dan disimpan untuk cadangan makanan di lumbung gandum, dapat menernakan Kambing. Giji merekapun tercukupi baik karbohidrat maupun proteinnya. Itu mungkin yang menyebabkan mereka dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dengan pesat dari masa ke masa. Teknologi berkembang dengan baik. Penemuan sisa-sisa peninggalanpun ditemukan oleh ilmuan Ian Kuijit dengan ditemukannya lumbung untuk menyimpan gandung di Situs Lembah Yordan. Pertanianpun menyebar dari Timur Tengah ke negara-negara yang segaris lintang dengan Timur Tengah.
Pendapat Gadis Shintya :
Menurut saya film ini menceritakan tentang perbandingan kehidupan dan evolusi zaman yang terjadi di dunia ini. Perbandingan kehidupan mulai dari cara mempertahankan hidup hingga penciptaan alat. Cara mempertahankan hidup pun tidak serta merta semua nya sama, mulai dari mempertahan kan hidup dengan menggunakan yang tersedia dari alam dan mempergunakannya sesuai kebutuhan. Sampai mempertahankan hidup yang sangat kompleks dan mengembangkan sesuatu yang ada dialam dengan teknologi canggih. Film ini juga menceritakan bagaimana perbandingan kehidupan orang-orang di papua nugini dengan kehidupan orang-orang di timur tengah dan kehidupan orang-orang di benua amerika dan benua eropa lainnya. Kesimpulan yang dapat saya tangkap dari film Out of Eden ini bahwa semua kehidupan berawal dari kehidupan yang sangat sederhana dan dengan melalui proses yang amat panjang maka kehidupan pun berubah menjadi kehidupan yang lebih kompleks.

Pendapat Mela Maulani :
Dari film yang saya lihat, dapat disimpulkan bahwa film itu menjelaskan tentang perbedaan evolusi dari jaman prasejarah sampai sekarang antara Papua Nugini dengan Timur tengah. Seorang peneliti bernama Jered Diamond menjelaskan kegidupan di Papua Nugini yang sangat berbeda jauh dengan kehidupan asalnya di Amerika dan ilmuan Ian Kuijit yang meneliti sisa peninggalan di Timur Tengah. Perbedaan tersebut diantaranya dari cara mereka hidup pada jaman prasejarah sampai sekarang, cara mereka bercocok tanam, mengembangkan ilmu pengetahuan, cara mendomestikan hewan ternak dan tanaman, cara mereka membuat tempat tinggal, cara menyimpan cadangan makanan di kala tidak sedang masa bercocok tanam dan cara mereka beradaptasi dengan lingkungan yang pada saat evolusi terjadi perubahan cuaca yang sangat signifikan.
Hasilnya dari perbedaan kedua tempat tersebut bahwa cara mereka hidup dan mengembangkan ilmu pengetahuan lebih cepat terjadi pada daerah Timur Tengah dan terbukti pada jaman sekarang. Sedangkan evolusi yang terjadi di Papua Nugini terhitung lambat dan jika dilihat saat ini masih hampir sama dan mengalami perkembangan sedikit demi sedikit, contonya saja dalam pertanian mereka masih manual sedangkan di Timur Tengah sudah modern dan menggunakan teknologi industri yang canggih.

Pendapat Nadya Safriana La Onda :
                        Menurut pendapat saya dari Film out of the end ini menjelaskan tentang evolusi perekonomian dari setiap negara. Evolusi perekonomian yang diperlihatkan  oleh film tersebut di jelaskan dari proses produksi, distribusi dan konsumsi dari setiap negara yang diperlihatkan oleh film tersebut. Di film tersebut negara yang di buat perbandingan ialah Papua Nugini, Timur Tengah, Amerika  dan Eropa. Dari keempat negara yang dijadikan bahan perbandingan tersebut dapat dilihat bahwa Papua Nugini adalah negara yang masih sangat sederhana dalam perekonomian pada masa tersebut.

                        Apabila dipandang dari sudut antropologi ekonomi aktivitas ekonomi yang mencangkup produksi, distribusi dan konsumsi dari lintas budaya 4 negara tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok karena perkembangan ekonomi juga di pengaruhi dari ruang dan waktu negara tersebut. Selain itu dalam proses ekonomi juga dapat menghasilkan kebudayaan dan dari kebudayaan tersebut aktivitas ekonomi akan berkembang. Apabila suatu negara aktivitas perekonomiannya masih sederhana maka negara tersebut akan tertinggal, sedangkan suatu negara dengan aktivitas ekonomi yang sudah maju maka negara tersebut akan menjadi negara yang sejahtera dalam korteks perekonomiannya.

Komentar

Postingan Populer