PKL 2 TAMAN KOTA BANDUNG

Nama   : Mela Maulani
NPM   : 170510150001
Tugas   : Praktikum Kerja Lapangan 2
Taman Kota Bandung
Taman kota adalah sebuah tempat berpagar yang digunakan untuk tempat bermain, mendapatkan kesenangan, kegembiraan dan kenyamanan, baik dengan keluarga maupun teman. Selain tempat rekreasi, taman kota juga sebagai tempat penyegar dan merupakan paru-parunya kota. Bisa dibayangkan kota yang penuh dengan polusi kendaraan bisa dinetralisir oleh hijaunya taman.  Di dalam taman kota, berisikan beberapa komponen seperti pepohonan rindang, tanaman hias, air mancur, kolam ikan dan tempat duduk untuk para pengguna taman.
Taman kota Bandung adalah salah satu taman dari sekian banyaknya taman yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Kota Bandung sendiri memiliki lebih dari lima taman. Contohnya taman Alun-Alun Bandung, taman Ujungberung, taman Film, taman Pasupati, taman Fitnes, taman Lansia dan masih banyak taman lainnya. Taman tersebut berfungsi sebagai tempat bermain, dan liburan murah warga Bandung. Karena sekarang banyak tempat wisata yang ada taman di dalamnya dengan tiket mahal. Sedangkan taman kota bisa dijangkau oleh kalangan apapun dan tidak mengeluarkan biaya.
Menurut pendapat saya, taman kota Bandung sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bermain dan belajar. Fasilitas taman yang menunjang seperti bangku untuk duduk memberikan kesan baik. Udara sejuk dari tanaman dan pepohonan memberi kenyamanan walaupun suara kendaraan dan polusi udara yang mengganggu.
Namun sayangnya, banyak sekali tangan-tangan nakal yang mengganggu taman kota Bandung. Misalnya saja, papan nama taman yang terbuat dari besi sering diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk dijual kembali besi tersebut. Tanaman yang sedang berbunga dipetik sembarangan dan masyarakat sering membuang sampah sembarangan.
Solusinya adalah, pemerintah lebih meningkatkan lagi keamanan di taman kota, menegur warga yang membuang sampah sembarangan dan sesekali harus diberikan sanksi. Kebijakan pemerintah tersebut demi kebaikan taman dan warga itu sendiri, supaya taman tetap terjaga dengan baik dan wargapun nyaman dengan keadaan taman yang tetap baik pula. Partisipasi dan toleransipun diperlukan dari masyarakat demi tercapainya taman yang asri dan nyaman.

Komentar

Postingan Populer