Hidup itu..


Berawal dari sebuah harapan indah yang selalu diimpikan,namun manusia kadang lupa tidak semua apa yang dibayangkannya berbuah manis. Mereka lupa bahwa ada sesuatu yang hadir di antara mereka, yaitu masalah.

Jika sedari manusia itu dikandung ia ingat dan tahu bahwa pada saat dilahirkan dan hidup di dunia mereka akan mendapatkan masalah, tentunya ia tidak mau dilahirkan dan hidup. Karena manusia dilahirkan dalam keadaan rugi, karena ia harus menanggung semua hidupnya, melewati masalah yang ada dihadapannya. Ada spekulasi seperti ini, kenapa pada saat bayi dilahirkan ia menangis, alasannya adalah karena ia tahu bahwa beban hidup di dunia itu sangatlah berat, walaupun pada saat ia dewasa tidak mengetahuinya dan tidak mengingatnya.

Memang ia hidup itu berat, kita harus berjuang, bertahan mempertahankan, melewati semua masalah dan bukan hidup namanya kalau tidak ada masalah. Kebahagiaan yang hakiki memang didambakan setiap orang dan mereka mempunyai jalan masing-masing untuk mencapainya. Kadang kala, di saat mereka mendapatkan masalah yang amat besar, mereka bertanya-tanya : kenapa ini harus terjadi padaku, kenapa aku harus menanggungnya, kenapa aku begini, kenapa aku ditakdirkan begini, kenapa hidup itu sulit, kenapa kenapa dan kenapa ribuan kenapa muncul ketika seseorang sudah outus asa dalam hidupnya. Mereka senantiasa membanding-bandingkan antara masalah dan kebahagiaan.

Lalu, mereka berpikir dan bertindak supaya masalah itu benar-benar lepas darinya. Namun, berpikir dan bertindak itu yang sering diabaikan keduanya. Ada yang langsung bertindak, misalnya karena sudah bingung harus bagaimana akhirnya mereka menyelesaikan masalahnya dengan sekali tebas, bunuh diri lah atau semacamnya. Sedangkan jika berpikir terlebih dahulu, mereka bisa bertindak secara baik dan hati-hati tentunya..

Jadi, hidup itu memang beban, tapi bagaimana kita memprilakukan beban itu dalam hidup kita. Coba saja kita bawa tenang, senang dan damai, pasti beban itu juga akan bersahabat. Tetapi jika kita mengajaknya dengan amarah dan berpikir pendek, maka beban itu akan semakin besar dan menjadi senjata yang mematikan.

Sekian hari ini, hari yang indah namun karena kesalahan diri ini jadi kacau. Tidak jelas?? Memang iya, dan inilah tulisanku. heheee

Komentar

Postingan Populer